Kasus Covid-19 di Jambi Rendah, Tetap Perketat Pengawasan 23 Jul 2020

Kasus Covid-19 tergolong masih rendah di Provinsi Jambi dibandingkan dengan di provinsi lain di Sumatera. Di Provinsi tetangga, Sumatera Selatan kasusnya sudah lebih dari 3.000 kasus positif. Sementara di Bengkulu hampir 200 kasus, dan di Riau hampir 300 kasus. Sepanjang Juli ini tercatat penambahan 15 kasus di Jambi.
Total kasus positif terinfeksi corona di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah kini mencapai 132 kasus, dengan rincian 104 orang sembuh, dua orang meninggal dunia, dan 26 orang masih menjalani perawatan.

 

Namun kondisi ini bukan berarti kita bisa lengah. Apalagi saat ini arus keluar masuk orang sudah semakin tinggi, melalui transportasi darat, laut, dan udara. Ada potensi orang yang masuk ke Jambi sudah tertular virus corona, dan kemudian menularkan ke orang lain. Sudah beberapa kasus yang menunjukkan, kasus baru di Jambi berawal dari orang tersebut berangkat ke luar daerah. Dia terpapar virus corona di wilayah yang didatangi, atau di luar Jambi. Saat berada di Jambi, orang tersebut menularkan kepada beberapa orang.


Di sisi lain, kondisi di Jambi saat ini terkesan sudah seperti saat normal. Tidak sedikit lagi orang yang bepergian dengan tanpa pakai alat pelindung diri semisal masker. Jalanan semakin ramain, dan juga pusat-pusat keramaian selama ini, mulai ramai didatangi.Kondisi ini tentu ada nilai positif dan negatifnya. Sisi positifnya adalah, aktivitas ekonomi bergeliat. Warga yang selama ini sulit untuk mendapatkan penghasilan, terutama para pedagang, bergeliat lagi bisnisnya.Demikian juga perusahaan, mulai beraktivitas normal, walau tentu belum benar-benar normal. Jelas dari sisi bisnis membaik.


Sisi negatifnya adalah, potensi penyebaran virus corona juga makin tinggi. Bila ada yang telah terpapar virus corona di sebuah tempat, maka potensi ia menularkan kepada orang lain di keramaian juga makin tinggi. Ini tentu kondisi yang tidak kita harapkan. Bila itu terjadi, maka bakal ada lonjakan pasien corona di Provinsi Jambi. Maka saat ini yang diperlukan adalah meningkatkan pengawasan kepada masyarakat di lokasi keramaian.

Selain itu peningkatan pengawasan kepada orang yang masuk ke Jambi. Masyarakat juga harus diingatkan terus menerus untuk meningkatkan kewaspadaannya, supaya selalu pakai masker di luar rumah. Ini tanggung jawab bersama, terutama gugus tugas penanganan Covid-19 yang bertugas di semua daerah. Saat kita lengah, maka potensi untuk peningkatan penyebaran virus corona akan semakin tinggi. Kita lebih baik mencegah daripada mengobati. (*)

 

SUMBER :

Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul Kasus Covid-19 di Jambi Rendah, Tetap Perketat Pengawasan, https://jambi.tribunnews.com/2020/07/20/kasus-covid-19-di-jambi-rendah-tetap-perketat-pengawasan?page=2.

Editor: deddy

Post A Comment

Name

Email

Your Comment

Validasi